- Posted on
- yahyawrt
- No Comments
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI CERKAK DI KELAS XI SMK MAARIF BUKATEJA
Akhir pelaksanaan PPL PPG Daljab 2023 setiap mahasiswa diwajibkan untuk membuat tugas berupa menyusun best practise dari hasil pembelajaran selama program. Best practise merupakan bentuk kegiatan pembelajaran di sekolah berdasarkan penguasaan substansi materi dan pedagogik yang teraplikasi di dalam kegiatan pembelajaran kelas yang disusun dalam bentuk publikasi ilmiah.
PPG Daljab atau Profesi Pendidikan Guru Dalam Jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan calon guru yang memiliki kemampuan kreatif serta inovatif sebagai bekal mengajar. Peserta yang lolos hingga tahap akhir dan mengikuti program PPG Daljab 2023 nantinya harus membuat penugasan best practise di akhir pembelajaran.
Cara Menyusun Best Practise PPG Daljab 2023 dan Contohnya Dalam penyusunan best practices peserta menggunakan metode STAR yaitu Situasi, Tantangan, Aksi, dan Refleksi. Keempat poin tersebut dikombinasikan agar menjadi bentuk pembelajaran baru yang dapat diterapkan di sekolah.
Langkah awal adalah melihat situasi atau kondisi latar belakang penerapan strategi yang akan digunakan. Anda dapat menyurvei hal-hal apa saja yang menjadi kendala pembelajaran siswa, contohnya peserta didik kesulitan mengerjakan soal evaluasi materi udara bersih bagi pernapasan. Setelah mengetahui latar belakangnya, kita dapat mengetahui bahwa praktik pembelajaran menggunakan model dan media pembelajaran interaktif dianggap penting karena dapat memotivasi belajar peserta didik yang rendah. Dengan demikian, sebagai pengajar memiliki tanggung jawab dalam mengelola proses pembelajaran agar interaktif, efektif, inovatif dan menyenangkan.
Langkah kedua yaitu “Tantangan” berarti tantangan apa yang dihadapi guru untuk mencapai tujuan. Misalnya guru tidak menggunakan alat peraga selama menjelaskan sehingga anak bosan dan mengantuk, sumber ajar hanya menggunakan buku tema guru dan peserta didik dll.
Langkah ketiga yaitu penerapan aksi. Setelah mengetahui penyebab anak tidak maksimal dalam menerima pembelajaran dan sebagai pengajar juga telah mengetahui kendalanya apa saja, maka akan menemukan solusi atas permasalahan tersebut.
Nah, berikut ini contoh best practise yang telah disusun oleh Bpk. Eko Agus Subekti, S,Pd. untuk memenuhi tugas LK 3.1 Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 2 Tahun 2023 di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PPL Aksi 2 dilaksanakan pada hari Selasa, 14 November 2023.
Berdasarkan kajian literatur dan wawancara dapat diketahui tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan minat dan motivasi peserta didik. Dengan penyebab utama yaitu metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih monoton, model pembelajaran kurang inovatif, media pembelajaran yang kurang tepat untuk mempelajari materi menganalisis unsur cerkak dan mengetahui isi cerkak. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, guru melibatkan beberapa peran seperti Dosen pembimbing dan guru pamong, kepala sekolah, teman sejawat, rekan guru, dan peserta didik kelas XI SMK MAARIF BUKATEJA.
Untuk mengetahui isi lengkapnya, silahkan unduh dokumen di link berikut ini :
https://drive.google.com/file/d/17IMoxMxDoiA8lP8VKyjT0ka0Rt5q4qDl/view?usp=sharing
Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat. (Noe_red)